• Home
  • Berita
  • Apdesi Meranti Berkomitmen Cegah Karhutla

Apdesi Meranti Berkomitmen Cegah Karhutla

Jumat, 16 Juli 2021 13:26
BAGIKAN:
Ketua Apdesi Meranti, Mahadi
MERANTI-Asosiasi Perangkat Desa Indonesia (Apdesi), Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau berkomitmen mendukung pemerintah dalam mencegah terjadinya Kebakaran dan Hutan (Karhutla). Mereka sepakat, pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) saat ini sudah menjadi tanggung jawab bersama.
 
Mahadi, Ketua Apdesi Kabupaten Kepulauan Meranti saat melakukan pertemuan dengan Dinas Pemerintahan Desa dan sejumlah Kepala Desa, Rabu (14/7/2021) mengatakan, pemerintah desa sebagai garda terdepan dalam melakukan pencegahan dan juga penanggulangan Karhutla. Menurutnya setiap elemen masyarakat dan jajaran pemerintahan di tingkat paling bawah juga harus bahu-membahu dalam menanggulangi bencana tersebut.
 
Sebagai wilayah yang rawan Karhutla, desa harus bersinergi dengan seluruh elemen masyarakat dan juga masyarakat peduli api (MPA). "Saya juga menghimbau seluruh kepala desa yang wilayahnya sering terjadi Karhutla agar mengajak warganya masing-masing untuk tidak membuka kebun dan ladang dengan cara membakar," ujar Mahadi. 
 
Mahadi pun meminta semua kepala desa agar tetap waspada dengan ancaman Karhutla meskipun curah hujan masih kerap terjadi. 
 
Untuk mensukseskan Riau Bebas Asap, kerjasama dengan stake holder terkait sangat diperlukan.
 
"Koordinasi dengan TNI-Polri BPBD dan juga perusahaan harus tetap terjaga dan ditingkatkan lagi untuk mencegah terjadinya Karhutla di wilayah masing-masing," ujarnya. (wan) 
BAGIKAN:
KOMENTAR