• Home
  • Berita
  • Petani Sawit Riau Diminta Tetap Jaga Kondusifitas

Petani Sawit Riau Diminta Tetap Jaga Kondusifitas

Rabu, 12 Juli 2023 11:15
BAGIKAN:

PEKANBARU - Petani sawit di Provinsi Riau diminta tetap menjaga kondusifitas jelang tahun politik 2024, terutama menghadapi harga Tandan Buah Segar (TBS) Sawit yang mengalami penurunan.

Demikian diungkapkan Ketua Umum DPP Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Gulat Medali Emas Manurung, Senin (10/7/2023).

Kata Gulat, pihaknya berkomitmen untuk tetap menjaga situasi kemananan dan ketertiban di masyarakat tetap kondusif.

"Meski harga TBS turun, kita harus tetap memelihara kondisi stabilitas keamanan dan ketertiban di kabupaten masing-masing. Kepada petani sawit, kita imbau jangan lakukan tindakan yang memicu keributan," ujarnya.

Ia mengatakan, jika didapati ada perusahaam kelapa sawit (PKS) yang membeli sawit petani masih murah di bawah harga yang ditetapkan Dinas Perkebunan, bisa segera menghubungi Apkasindo dan aparat penegak hukum.

"Petani bisa langsung lapor ke Polda dan Kajati. Maka mari kita jaga Kamtibmas bersama," ungkapnya.

Selain itu, hal yang tak kalah penting, kata Gulat adalah petani sawit bisa menjaga kondusifitas menjelang tahun politik, terlebih Riau ini heterogen.

"Riau ini heterogen, tahun ini tahun politik. Sudah muncul riak - riak, itu bagian dari pesta demokrasi. Tapi jangan lupa, stop hoax, mari kita buat pesta ini jadi pesta memilih memimpin, siapapun itu yang terbaik," katanya.

"Petani sawit harus jadi perekat dari berbagai subsektor usaha industri dan jasa di Riau. Jaga ketentraman, rangkul perbedaan untuk Riau kondusif di tahun politik," tukasnya. 

BAGIKAN:
KOMENTAR