• Home
  • Berita
  • Perdana Karang Taruna Rohil Gelar Latihan Kepemimpinan Kader

Perdana Karang Taruna Rohil Gelar Latihan Kepemimpinan Kader

Kamis, 03 September 2020 22:49
BAGIKAN:
Abdul Arif Rusni
Usai pembukaan, Ketua Karang Taruna Rohil Kasmer Dahlan menyerahkan cinderamata kepada Asisten II Rahmatul Zamri, Kamis (3/9).

ROKAN HILIR - Karang Taruna Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) menggelar latihan kepemimpinan kader tahun 2020 berlangsung di Aula Hotel Kesuma, Bagansiapiapi, Kamis (3/9).

Latihan Kepemimpinan (LK) tersebut guna memberikan pembekalan bagi anggota Karang Taruna di tingkat kecamatan se-Rohil agar memiliki jiwa kepemimpinan yang tangguh dan handal. 

Kegiatan itu dibuka secara resmi oleh Asisten II Pemkab Rohil Rahmatul Zamri S.Sos, turut dihadiri Kabid Pemberdayaan Sosial dan Fakir Miskin Dinsos Rohil H Mukhtar, Ketua Karang Taruna Rohil Kasmer Dahlan dan perwakilan Karang Taruna Provinsi Riau sebagai Narasumber. 

Dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 3-4 September 2020, LK perdana mengangkat tema "Revitalisasi Kader Karang Taruna Kabupaten Rokan Hilir Terhadap Implementasi Aditya Karya Mahatva Yodha".

Ketua Pelaksana, Siswadi SH mengatakan LK perdana digelar dengan tujuan meningkatkan kualitas kepemimpinan bagi kader Karang Taruna se-Rohil.

"Kegiatan ini tetap menerapkan protokol kesehatan dengan jumlah peserta tidak melebihi dari 40 orang yang berasal dari Karang Taruna di 12 kecamatan yang sudah dibentuk," kata Siswadi. 

Kemudian dijelaskan, materi yang disuguhkan antara lain manajemen pemerintahan, organisasi dan teknis persidangan.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Rohil Kasmer Dahlan menuturkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan merupakan program kerja Karang Taruna Rohil tahun 2020. Selama pandemi Covid-19 melanda, beberapa kegiatan Karang Taruna yang sudah diprogramkan juga tidak dapat terlaksana. 

"Kegiatan ini sangat perlu dilaksanakan karena untuk memperkaya diri dengan ilmu, kemudian dapat diterapkan di tengah-tengah masyarakat," sebutnya. 

Peserta yang mengikuti LK, jelas Kasmer, antara lain pengurus Karang Taruna kecamatan yang terdiri dari ketua, sekretaris dan bendahara. 

"Latihan kepemimpinan yang kita laksanakan ini merupakan perdana dilaksanakan di Rohil semenjak Karang Taruna dibentuk juga pertama di Provinsi Riau," ujar mantan Ketua KPU Rohil itu. 

Inti latihan kepemimpinan ini, sebut dia, agar peserta lebih memahami tentang organisasi Karang Taruna, memahami tentang berorganisasi sehingga organisasi yang ditopang dengan manajemen organisasi dan kepemimpinan dapat berjalan dengan baik dan berkembang sampai kedepan. 

Berlanjut, organisasi yang berkantor di Jalan Mawar, Bagansiapiapi ini, juga sudah membentuk koperasi yang bergerak menampung padi untuk dijadikan beras.

Selanjutnya, perwakilan Karang Taruna Riau menambahkan, Karang Taruna hadir sebagai manifestasi pemuda dan pemudi yang bergerak di bidang sosial. 

"Kita berharap Karang Taruna Rohil bisa menjadi contoh untuk membawa kearah yg lebih baik," ucapnya. Rif

BAGIKAN:
KOMENTAR