• Home
  • Berita
  • Dinilai Berhasil, Ketahanan Pangan Rokan Hilir Akan Dikunjungi Pangdam I/BB

Dinilai Berhasil, Ketahanan Pangan Rokan Hilir Akan Dikunjungi Pangdam I/BB

Senin, 31 Agustus 2020 12:42
BAGIKAN:
Istimewa
Ketahanan pangan Rokan Hilir di Kecamatan Pekaitan.

ROHIL - Ketahanan pangan yang digalakkan di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) dinilai berhasil oleh para petinggi Provinsi Riau. Hal itu tidak terlepas dari sinergitas dan kerjasama semua unsur didalamnya. 

 

Dalam rangka melihat ketahanan pangan tersebut, Panglima Kodam (Pangdam) I/Bukit Barisan bersama Forkopimda Provinsi Riau dijadwalkan akan mengunjungi Rokan Hilir. 

Hal itu dikatakan Bupati Rohil H Suyatno usai kegiatan Gowes sepeda bersama, Minggu (30/8/2020). "Ini masih tentatif berkisar tanggal 7/8/9 September 2020 di ketahanan pangan Kecamatan Pekaitan," kata Bupati. 

Sementara, lanjut dia, Dandim 0321/Rohil akan melihat kondisi lokasi kunjungan hari ini dan besok akan di gelar rapat persiapan.

"Hal ini sangat terpuji bagi kami, ketahanan pangan ini berkat perencanaan yang dikemas dengan sinergitas dan kerjasama," ucap Bupati Suyatno. 

Kemudian Dandim 0321/Rohil Letkol Arh Agung Rakhman Wahyudi SIP mengatakan ketahanan pangan di Pekaitan merupakan gagasan Kodim 0321/Rohil yang akan dikembangkan menjadi icon project nasional.

"Ini merupakan lahan percontohan pertanian di daerah aliran sungai dan tanpa pupuk sehingga menjadi perhatian atensi pimpinan," ungkapnya. 

Selain Pangdam I/BB dan Forkopimda Provinsi Riau, sebut orang nomor satu di Kodim Rohil itu, kemungkinan Menteri Pertanian (Mentan) juga ikut hadir. 

"Ketahanan pangan ini memang cukup luar biasa yang dibangun unsur pelaksana dari bawah mulai dari Penghulu, Babinsa dan petugas PPL di lapangan yang patut kita apresiasi demi kesejahteraan masyarakat," pungkas Dandim. 

Di lokasi, sebut dia, lahan padi sudah siap panen sekitar 133 Hektar jenis CR masa panen 100 hari dengan kualitas yang cukup bagus.

"Perkiraan hasil panen nanti per hektar 4-5 ton. Ini luar biasa karena tanpa pupuk yang hanya menggunakan nutrisi dari lahan rawa," sebut Dandim Agung. 

Lanjut dia, ini menunjukan bahwa lahan peting yang banyak di Rokan Hilir bisa dikelola menjadi lahan produktif dan lahan rawa bisa diubah menjadi lahan pertanian. 

"Kita berharap ini bisa berkembang di lahan tidur lainnya di Rohil untuk dijadikan ketahanan pangan sehingga menjadi salah satu lumbung padi di Provinsi Riau," ujarnya. Rif

BAGIKAN:
KOMENTAR