• Home
  • Pendidikan
  • Full Day School di Bengkalis Tergantung Kemampuan Sekolah

Full Day School di Bengkalis Tergantung Kemampuan Sekolah

Kamis, 12 Oktober 2017 17:56
BAGIKAN:
BENGKALIS - Dinas Pendidikan Bengkalis tidak lagi mewajibkan sekolah menengah Pertama (SMP) di kabupaten Bengkalis untuk melaksanakan program lima hari sekolah atau Full day School. Hal ini dilakukan setelah Presiden mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 84 tahun 2017 tentang penguatan pendidikan karakter.

Setelah keluar peraturan Presidan nomor 87 tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter, dimana pada pasal 9 ayat 3 menerangkan pemerintah memberikan kepada sekolah untuk menentukan sendiri memakai lima hari sekolah atau enam hari sekolah. Sehingga kewajiban penerapan Full Day School yang diterapkan Dinas Pendidikan Bengkalis dibatalkan.

"Namun tetap SMP di kabupaten Bengkalis yang memang mampu sesuai kriteria pada Perpres penguatan pendidikan karakter tetap menerapkan lima hari sekolah full day school, " terang Mukhtar Sayuti Kepala Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter Bidang Pendidikan SMP Dinas Pendidikan Bengkalis, Kamis (12/10) Siang.

Menurut Mukhtar, setidaknya dalam peraturan presiden ini ada empat kriteria bagi sekolah yang bisa menerapkan lima hari sekolah. Diantaranya kecukupan tenaga pengajar, dukungan dari kearifan budaya lokal, kecukupan sarana dan prasarana serta pendapat tokoh masyarakat yang mendukung.

"Jika empat hal ini terpenuhi makan SMP tersebut harus menerapkan full day school, " terangnya.

Untuk Bengkalis, sejak awal tahun ajaran baru kemarin SMP di kabupaten Bengkalis sudah menerapkan full day school. Namun dengan adanya Perpres terkait penguatan pendidikan berkarakter ini sekolah yang tidak mampu menerapkannya full day school melaporkan ke Dinas Pendidikan.

"Kita minta sekolah melaporkan kalau tidak mampu menerapkan full day school atau lima hari sekolah. Namun tentu dengan alasan belum memenuhi kriteria full day school yang empat tadi, " kata Mukhtar. (Gus)
BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Dampingi Komandan Korem 031/WB, Bustami HY Ikut Salurkan Bantuan Sembako

    BENGKALIS - Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Bengkalis, Bustami HY, mendampingi Dandim 0303/Bengkalis Letkol Inf Lizardo Gumay dan Kapolres AKBP Hendra

  • Sambut Hari Bayangkara ke 74, Polsek Bengkalis Bersihkan Tempat Ibadah

    BENGKALIS - Menyambut Hari HUT Bayangkar ke 74 yang jatuh pada tanggal 1 Juli 2020, Kepolisian Sektor Bengkalis, Polres Bengkalis megisi kegiatan dengan meng

  • Tim Gugus Covid 19 Terus Sosialisai Protap Kesehatan

    BENGKALIS - Personel Koramil 01/Bengkalis, bersama anggota Polsek Bengkalis melaksanakan giat aturan tentang penerapan pendisiplinan protokol kesehatan kepad

  • Personel Koramil 01/Bengkalis Sosialisasi Protap Kesehatan Kepada Warga dan Pedagang di Taman Andam Dewi dan Capcin

    BENGKALIS - Patroli bersama dan himbauan kepada masyarakat tentang aturan penerapan pendisiplinan protokol kesehatan kepada masyarakat terus dilakukan jajara

  • KOMENTAR