• Home
  • Advertorial
  • Dinkes Bengkalis Lakukan Gerakan Masyarakat Donor Darah Penuhi Kebutuhan Darah Ibu Hamil, Bersalin dan Nifas

Dinkes Bengkalis Lakukan Gerakan Masyarakat Donor Darah Penuhi Kebutuhan Darah Ibu Hamil, Bersalin dan Nifas

Selasa, 11 Oktober 2022 10:58
BAGIKAN:
BENGKALIS - Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Kesehatan menilai kesehatan para ibu hamil, bersalin dan nifas merupakan hal yang sangat penting dan menjadi salah satu prioritas program kesehatan bagi masyarakat Kabupaten Bengkalis, Riau.
 
Kepala Dinas Kesehatan , Ersan mengatakan pelayanan darah yang aman dan berkualitas merupakan bagian yang tidak terpisahkan untuk menurunkan angka kematian ibu (AKI) melahirkan. 
 
Bahkan menurut Ersan, salah satu penyebab dari kematian ibu melahirkan adalah perdarahan. Untuk mencegah kematian ibu, diperlukan akses terhadap pelayanan darah yang cukup. 
 
"Hal ini dapat dicapai jika banyak donor darah sukarela yang secara rutin mendonorkan darahnya, sehingga unit transfusi darah (UTD) dapat memenuhi permintaan darah dari fasilitas pelayanan kesehatan," kata Ersan, menanggapi Gerakan Masyarakat (Germas) menggelar donor darah, Selasa 11 Oktober 22 di Balai LAMR Kecamatan Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis.
 
 
Langkah ini, tambahnya. Bentuk kepedulian sesama dalam upaya menurunkan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi dan Meningkatkan Kesadaran Masyarakat akan pentingnya Kecukupan Persedian darah dalam menunjang pelayanan Kesehatan Ibu Hamil, Ibu Bersalin, Ibu Nifas.
 
Kegiatan ini ditaja oleh Dinas Kesehatan Dinas kesehatan melalui Bidang Kesehatan  Masyarakat melaksanakan Kegiatan Donor Darah secara gratis.
 
"Saya mengharapkan, melalui program gerakan masyarakat Donor Darah "Germas" ini maka kekurangan kebutuhan darah dan komponen darah dapat terpenuhi. Sehingga program tersebut tidak hanya menjadi salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan darah bagi ibu melahirkan tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk penyakit-penyakit lain yang membutuhkan darah.” pungkas Kadis Kesehatan Bengkalis.
 
Pelaksanaan kegiatan oleh Dinkes didukung penuh oleh Kecamatan Bandar Laksamana, Kecamatan Bukit Batu, Kec Siak kecil, UPT Puskesmas Tenggayun, UPT Puskesmas Sungai Pakning, UPT Puskesmas Lubuk Muda, LaMR Siak akecil, UTD RSUD Bengkalis, PMI, Pertamina Sungai Pakning dan Simpenda. (Adv)
BAGIKAN:
KOMENTAR